Saturday, October 13, 2018

Sebagaimana bentuk komunikasi lainnya, komunikasi audio juga memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah :
  1. Menyampaikan informasi
Sebagaimana bentuk atau konteks komunikasi lainnya, fungsi komunikasi audio yang pertama adalah untuk menyampaikan informasi. Hal ini dapat kita temui di supermarket tentang promo yang sedang berlaku, bandara terkait dengan informasi keberangkatan dan kedatangan, presentasi dalam rapat skala besar, dan lain sebagainya.
  1. Mengirim makna
Media berbasis audio merupakan saluran informasi tambahan yang dapat digunakan untuk menyampaikan atau mengirimkan makna kepada penerima pesan. Komunikasi yang dilakukan melalui media berbasis audio dapat membantu dalam proses penyajian informasi sehingga jika makna yang terkandung dalam suatu informasi dirasa tidak jelas hanya dengan menggunakan informasi visual, maka komunikasi audio dapat memberikan penjelasan terkait informasi yang disajikan. Hal ini dapat diterapkan misalnya dalam bidang komunikasi bisnis.
  1. Mempengaruhi sikap
Media berbasis audio juga seringkali digunakan dalam kegiatan ekonomi atau komunikasi pemasaran. Media berbasis audio biasanya digunakan sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran produk baru ataupun strategi komunikasi pemasaran yang efektif menurut para ahli. Harapannya adalah konsumen dapat tertarik dan kemudian bersedia membeli produk yang ditawarkan.
  1. Memobilisasi massa

Komunikasi yang dilakukan melalui media berbasis audio seringkali diterapkan untuk memobilisasi massa khususnya dalam bidang komunikasi politik. Pada berbagai pesta demokrasi di Indonesia baik Pilkada, Pileg atau Pilpres, akan kita temui berbagai peristiwa yang bertujuan untuk memobilisasi massa untuk datang ke tempat kampanye atau  turut serta dalam kampanye. Berbagai janji politik yang disampaikan melalui pidato yang berapi-api atau dihadirkannya grup band ternama merupakan cara-cara yang digunakan untuk memobilisasi massa dengan harapan saat pemilihan tiba mereka akan terpilih.

No comments:

Post a Comment

Soal dan jawaban teori kejuruan TKJ 2016,

1. Tempat dimana Processor dipasang adalah letak dan merupakan fungsi dari... A. Socket Processor B. Slot Memory C. Nort Bridge D. ...