Thursday, October 17, 2019

Konfigurasi Proxy Server

Disini saya akan memberikan sedikit penjelasan singkat tentang Proxy server.


         Proxy Server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari internet atau intranet.
         Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.
         Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi dari pada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.
(sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Server_proksi )

Langkah-langkah konfigurasi Proxy Server
1. Install squid dan ketik perintah "apt-get install squid"


2. Selanjutnya kita masuk ke file squid dengan mengetikan perintah "nano /etc/squid/squid.conf"


3. Lanjut ke langkah berikutnya kita klik ctrl+w cari kata http_port 3128 dan masih di file squid lalu hapus tanda "#" dan tambahkan tulisan "transparent" seperti gambar dibawah ini.



4. Masih berada di file squid dan kita cari lagi kata cache_mem 16 MB dan hapus tanda "#"



5. kita cari lagi kata cache_mgr webmaster hapus tanda "#" lalu kita ubah webmaster menjadi domain kita , misalnya uswatun@poltek.com



6. cari kata acl connect , lalu tambahkan perintah berikut



7. cari kembali tulisan http_acces deny all dan tambahkan tanda "#" didepan nya , lalu simpancrtl+x dan Y dan ENTER



8. Kemudian kita akan menambahkan situs url yang akan kita blok ke file yang telah kita buat.nano /etc/squid/url itu agar segala situs situs yang bersangkutan dengan yang kita blok , tidak dapat diakses saat kita mencari browser (ini hanya berlaku pada situs url http , tidak dengan https)



9. Setelah itu kita akan menambahkan keyword yang akan kita blok pada file yang telah kita buat, kita ketikan perintah nano /etc/squid/key . Ini agar keyword yang bersangkutan dengan yg kita blok, tidak dapat di akses saat kita mencari di browser.




10. Lalu kita cek untuk memastikan kalau konfigurasi sudah benar, saat membuat swap "squid-z"




11. Tambahkan konfigurasi pada iptables , kita langsung saja masuk ke "nano /etc/rc.local" kemudian tambahkan perintah seperti dibawah ini : iptables –t nat –A PREROUTING –s 192.168.100.0/24 –p tcp --dport 80 –j REDIRECT -to-port 3128


12. Lalu kita restart squid nya, ketikkan "service squid restart"


13. Kemudian kita buka mozila dan masuk ke Option lalu setting connection nya dan pilih manual proxy configuration


14.  Selanjutnya, pada PC client, coba buka browser lalu ketik url yang kita blok, contoh :bukalapak.com dan hasil nya akan seperti dibawah


ini hasil penelusuran keyword "demo" sama seperti diatas


1.Apakah yang dimaksud proxy server?

Apa itu proxy server? Pengertian Proxy Server atau peladen pewali adalah suatu server komputer yang menyediakan layanan untuk meneruskan permintaan user ke server lainnya yang berada di internet. Dengan adanya proxy server maka sebuah komputer bisa dihubungkan dengan komputer lainnya melalui internet.

2.Apakah keuntungan proxy server?

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN PROXY SERVER

1. Mempercepat koneksi karena file-file web yang direquest disimpan di dalam cache
sehingga tidak perlu keluar menuju internet.
2. Dapat mengetur kecepatan bandwidth untuk subnet yang berbeda-beda.
3. Dapat melakuakan pembatasan akses, download, waktu untuk file-file dan website
tertentu.
4. Dapat melakuakan pembatasan user yang boleh mengakses internet dengan
menggunakan autentifikasi.
5. Dapat digunakan sebagai bandwidth manajemen

3.Bagaimanakah cara proxy server meningkatkan keamanan untuk mencegah serangan DoS?

dapat megatasi serangan DDoS.
Berikut ini yang Bisa Dilakukan:
  1. Melakukan Identifikasi Serangan, serangan akan terlihat tanda-tandanya jika mengecek server. Apabila sudah diketahui, alangkah baiknya mempersiapkan penangannya sebelum terjadi serangan yang lebih serius. Seperti kasus berikut:
    • Syn Flooding, gunakan firewal untuk tidak meneruskan paket data yang tidak diketahui dengan jelas asalnya.
    • Remote Controled Attack, block alamat IP dan portnya.
    • UDP Flooding, Menolak paket trafik yang datang dari luar jaringan dan mematikan semua layanan UDP.
    • Smurf Attack, disable broadcast address pada router atau filtering permintaan ICMP echo request pada firewall atau juga membatasi trafik ICMP.
  2. Mempertahankan Parameter Network, salah satunya dengan memperbesar bandwith. Cara ini hanya memberikan waktu supaya sistem tidak down, tetapi cara ini kurang ampuh terhada serangan yang besar.
  3. Menghubungi Hosting Provider atau ISP, mereka dapat melacak serangan yang terjadi melalui alamat ip di sistem.
  4. Menghubungi Spesialis DDoS, jika cara diatas tidak berhasil. Bisa dengan menghubungi spesialis yang akan membantu untuk menangani serangan yang terjadi.
Tambahan :
Tim IDCloudHost siap membantu jika terkendala masalah pada server Anda terutama masalah pada Serangan DDos. Anda bisa meminta bantuan tim Support kami melalui Ticket maupun Customer Service yang ada di Website.
4.Bagaimana cara menghack server proxy?

cara membobol proxy server


sebenernya diriku gak mau postingin ini tapi apa boleh buat coz ne web kesenengan diriku di blog ma server proxy. Tau gak sech proxy server??? pasti kalian pada nanya' gene ya..." proxy server adalah suatu komputer yang biasanya di gunakan pembagi jaringan internet yang di bagi-bagi ama client. nah proxy server ne berfungsi sebagai pembatas dari apa yang kita inginkan
gak boleh di liat yach kata orang ICT tuch filtering tau kan filter penyaring data gitulah heheheheheeee maklum gak ga tau... trus tugas dari proxy juga bisa di gunakan pengeblock web yang di larang yach misal yang jorok-jorok gitu dech.. kenapa diriku postingin ne?? karena web kesukaan diriku di block padahal gak jorok kok... tapi kok di block makanya aku sedikit jengkel akhir aku cari nooohhh alat penjebol proxy... nah ternyata ketemu..... nehhh caranya aku kasih tau.... tapi jangan disalah gunakan yach

Dalam aktifitas di dunia maya ( internet) sangat erat hubungannya dengan akses ke suatu service ataupun suatu server. Misalnya saat kita melakukan browsing ke suatu situs, Chatting, check email, akses cpanel dan aktifitas – aktifitas lain yang di lakukan di internet. Ada kalanya kita tidak bisa mengakses salah satu service – service tersebut diatas. Misalnya saat kita berada di lingkungkan sekolah, kampus atau perkantoran yang kebanyakan memblocking akses ke IRC, blocking akses ke situs – situs tertentu ( misal ke http://friendster.com dll ), tidak bisa mengakses cpanel dari web dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara nya supaya kita bisa mengakses internet dengan nyaman, tanpa terbatasi oleh pemblockingan akses yang dilakukan oleh sekolah , kampus ataupun kantor ?."Catatan : Ini tidak mengajar sesuatu yang besifat merusak hanya sebuah cara untuk mendapatkan sesuatu yang hilang karena terhalang oleh sebuah kebijakan"

1. Menyetting IP Browser

Kadang ada beberapa website yang tidak bisa kita buka karena IP Address kita telah di blacklist atau entah karena hal lain. Tapi tidak usah repot-repot lari ke warnet hanya karena hal itu, karena kita bisa memanfaatkan layanan Proxy Server agar IP Address kita berubah saat kita sedang browsing. Proxy Server juga berguna jika kita tidak menginginkan web site yang kita akses mengetahui IP Address kita. Biasanya hacker memakai teknik ini untuk menyamar agar tidak terlacak.

Cara Mensetting Browser dengan Proxy
Setelah kita mendapatkan proxy, terlebih dahulu kita harus mensetting browser kita agar bisa menggunakan proxy. Secara garis besar, cara mensetting proxy pada setiap jenis browser adalah sama, hanya saja letaknya sedikit berbeda. Sebagai contoh penulis akan menunjukkan cara mensetting proxy pada Internet Explorer.
1. Jalankan Browser IE(Internet Explorer).
2. Klik Tools – Internet Options.
3. Klik tab Connections lalu klik " LAN Setting " pada pilihan di sebelah kiri bawah.
4. Ceklist pada "Use Proxy Server For ....Bla bla bla ".
5. Isikan IP Proxy yang ada di bawah kemudian port setelah itu klik ok.
6.Taraaaaaaaaaaaaaaaaaaa......... kebuka de semua yang di block

Sekarang Anda sudah siap untuk browsing menggunakan proxy.

Berikut adalah daftar beberapa IP Proxy yang dapat di gunakan :



. Free HTTP proxies :
+-----------------------+------------+
: IP : Port :
+-----------------------+------------+
: 200.121.169.218 : 3128 :
: 200.117.229.129 : 3128 :
: 69.243.121.55 : 3382 :
: 155.98.35.3 : 3128 :
: 200.114.158.156 : 3128 :
: 155.98.35.3 : 3127 :
: 200.111.55.10 : 3128 :
: 128.101.191.244 : 3127 :
: 200.108.136.10 : 3128 :
: 200.107.8.158 : 3128 :

5.Sebutkan jenis jenis proxy!


5 Jenis Proxy yang Wajib Diketahui Pengguna Proxy


Secara sederhana, proxy boleh kita nyatakan sebagai sebuah server atau alat yang berfungsi meneruskan permintaan pengguna ke server lain di internet. Melihat hal ini proxy rupanya berperan sebagai pihak ketiga atau istilahnya jembatan transmisi yang membantu pengguna agar dapat terhubung ke internet dengan lancar. Proxy sendiri memiliki berbagai fungsi dan kegunaannya seperti untuk meningkatkan keamanan, meningkatkan kecepatan, dan bahkan bisa digunakan untuk berbagi koneksi internet ke perangkat lain.
Selain itu, penggunaan proxy server pada komputer biasanya sering diterapkan pada perusahaan yang bekerja pada bidang-bidang tertentu, yang kesehariannya selalu akan mengakses internet. Misalkan seperti penggelut startup, karyawan marketplace online, dan lain sebagainya.
Dilihat dari seluk beluknya, ternyata proxy server mempunyai lima jenis yang mempunyai fungsinya masing-masing. Dan setiap jenis proxy tersebut digunakan dengan tujuan yang berbeda-beda pula. Berikut ini adalah 5 jenis proxy yang wajib diketahui pengguna proxy.
  • Jenis Proxy

1. PROXY TRANSPARAN (TRANSPARENT PROXY)


Image: kurniatkja.blogspot.co.id
Proxy transparan merupakan salah satu jenis proxy yang sebaiknya tidak perlu digunakan. Karena jenis ini adalah proxy yang sama sekali tidak merahasiakan alamat IP penggunanya, sehingga alamat IP pengguna akan terlihat jelas oleh publik di dunia maya. Bahkan penggunaan proxy transparan juga disebut-sebut bisa membuat alamat IP pengguna diblokir (banned) secara permanen dan ini juga membuat pengguna tidak bisa mengakses situs-situs tertentu.
Namun jika proxy ini sudah dikonfigurasikan secara khusus untuk penggunaannya, maka pengguna tidak akan mendapati alamat IP diblokir seperti yang sudah disebutkan di atas. Proxy transparan sendiri biasanya banyak diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan untuk mengakses informasi lokal. Misalnya seperti informasi seputar perusahaan yang hanya bisa diakses oleh karyawan di sekitaran lokasi perusahaan saja.

2. PROXY ANONIM (ANONYMOUS PROXY)

Proxy anonim merupakan jenis proxy yang tidak membuat alamat IP asli penggunanya terdeteksi, namun hanya akan terlihat alamat IP samaran yang tidak mencurigakan di dunia maya. Adapun ketika  pengguna mengakses internet, alamat IP adalah barang wajib yang harus ada agar pengguna tersebut dapat terhubung ke internet. Tanpa alamat IP kemungkinan sangat mustahil bagi pengguna bisa terhubung ke internet.
Untuk hal itulah proxy anonim ini digunakan; misalkan ketika pengguna mengakses sebuah website, otomatis website tersebut akan mengetahui alamat IP yang digunakan oleh pengguna. Namun jika menggunakan proxy anonim, website tersebut tidak akan mengetahui alamat IP asli milik pengguna tapi yang terdeteksi hanyalah alamat IP proxy server saja. Intinya proxy ini bisa digunakan untuk menyamarkan alamat IP asli dan bahkan penggunaan proxy anonim juga dipercayai meningkatkan keamanan data milik pengguna.

3. HIGH ANONYMITY PROXY

Proxy yang satu ini tidak mendefinisikan dirinya sebagai sebuah proxy server, sehingga tidak menyediakan alamat IP. Dan ketika pengguna mengakses sebuah situs, maka alamat IP pengguna tidak akan terbaca oleh situs bersangkutan maupun internet, namun justru terbaca sebagai sebuah klien. Secara tidak langsung hal ini mengartikan bahwa high anonymity proxy sangat merahasiakan alamat IP penggunanya.

4. DISTORTING PROXY

Distorting proxy fungsinya hampir mirip dengan anonim proxy, yakni sama-sama tidak membuat alamat IP asli penggunanya terlihat. Namun perbedaanya terletak pada—jika anonim proxy mengubah alamat IP asli penggunanya menjadi alamat IP proxy server, maka distorting proxy ini justru mampu merekayasa alamat IP asli milik pengguna. Sedangkan IP aslinya sendiri hanya dapat dilihat pada HTTP HEADER.

5. REVERSE PROXY

Reverse proxy pada dasarnya digunakan untuk menyediakan jalan atas berbagai permintaan pengguna dari internet melalui sebuah firewall yang terisolasi atau melalui jaringan pribadi. Adapun untuk fungsinya sendiri, reverse proxy biasa digunakan untuk mencegah pengguna terhubung ke internet dengan akses yang tak termonitor. Selain itu, jenis proxy ini kerap diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan yang membatasi penggunanya untuk membuka situs-situs tertentu, dan biasanya digunakan pada jaringan lokal seperti intranet.

No comments:

Post a Comment

Soal dan jawaban teori kejuruan TKJ 2016,

1. Tempat dimana Processor dipasang adalah letak dan merupakan fungsi dari... A. Socket Processor B. Slot Memory C. Nort Bridge D. ...