Friday, September 6, 2019

memahami jaringan fiber optic

Memahami Jaringan Fiber Optic - Dalam Suatu Jaringan Komputer terdapat beberapa komponen pendukung seperti host/komputer pengguna, server switch beserta kabel sebagai penghubung dan menyalurkan data. Sampai saat ini terdpat beberapa jenis kabel yang biasanya digunakan dalam instalasi jaringan computer seperti kabel coaxial dan twisted. Untuk 2 jenis kabel tersebut yang paling banyak digunakan dari dulu hingga saat ini.

A. Pengertian  Fiber Optic
    1. pengertian Fiber optic
            Fiber optic adalah suatu materi, filament, ataupun bahan yang terbuat dari glass atau kaca serat  yang berdiameter lebih kurang 120 micrometer (hampir sama dengan sehelai rambut manusia). Fiber Optic digunakan untuk mengantarkan jauh lebih banyak sinyal dalam bentuk pulsa cahaya (bias berupa komunikasi suara maupun data) hingga mencapai lebih dari 50 kilometer tanpa memerlukanlagi bantuan perangkat (repeater sinyal).
    2. Kabel Fiber Optic
Kabel fiber optic adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa, biasanya fiber optic digunakan pada jaringan backbone (tulang punggung) karena dibutuhkan kecepatan yang lebih dalam jaringan ini, namun pada saat ini sudah banyak yang menggunakan bias cahaya untuk metransfer data yang melewati dan sudah barang tentu kecepatan cahaya
               
3. Struktur Fiber Optic
            Struktur kabel Fiber optic secara umum dibagi atas tiga bagian, yaitu:
a.     Teras(core)
Terbuat dari bahan plastic atau kaca halus yang berkualitas tinggi dan tidak mengalami perkaratan (korosi).
b.     Slongsong(cladding)
Cladding merupakan lapisan yang dilapiskan pada core sebagai selubung core. Cladding ini juga terbuat dari bahan yang sama dengan core tetapi indeks biasnya berbeda dari indeks bias teras.
c.      Jaket pelindung(buffer primer/coating)
Jaket pelindung digunakan untuk melindungi Fiber optic dari munculnya retakan-retakan awal pada permukaannya, sebuah lapisan plastic yang sangat lembut ditambahkan di bagian luar.

No comments:

Post a Comment

Soal dan jawaban teori kejuruan TKJ 2016,

1. Tempat dimana Processor dipasang adalah letak dan merupakan fungsi dari... A. Socket Processor B. Slot Memory C. Nort Bridge D. ...